Skip to main content

MEMANFAATKAN MIKROTIK RB931-2nD SEBAGAI WIRELESS REPEATER

Assalamualaikum, pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana cara memanfaatkan Routerboard Mikrotik Hap mini RB931-2nD sebagai Repeater. Fungsi repeater disini adalah sebagai penguat signal wifi. jika kita ingin memperluas sinyal wireless kita bisa menggunakan Mikrotik sebagai repeater. Untuk Mikrotik versi RB931-2nD ini kita akan mempergunakan interface Wireless Mikrotik ini sebagai penangkap sinyal wifi dan dengan memanfaatkan Virtual Wireles kita akan menyebarkannya lagi.


  • Langkah pertama yang akan diambil adalah masuk kan kabel Lan ke port ethernet mikrotik agar kita bisa masuk ke sistemnya dan login melalui winbox.
  • Selanjutnya kita bisa mulai dengan membuka winbox yang sudah terhubung ke kabel Lan yang menuju interface Mikrotik. Tampak pada gambar terdeteksi 2 Router di tab neighbors
  • Bisa langsung login ke winbox karena baru pertama kali maka login masih default dan password kosong. pada gambar di atas terdeteksi 2 Router, yaitu Hapmini 931-2nD dan 941-2nD. Untuk Router 941-2nD adalah sebagai Acces point utama dan nantinya 931-2nD difungsikan sebagai repeater.
  • Selanjutnya setelah kita masuk kedalam sistem router langkah pertama adalah bisa masuk menu wireless, karena masih default nama dari interface wireless mikrotik masih menggunakan nama wlan1. Biar tidak bingung kita bisa menggantinya dengan nama repeater.

  • Next lanjut ke pilihan tab wireless. disini kita akan Router menjadi mode Station Bridge dahulu, tujuannya agar bisa conect ke wireless Acces Point Utama. Silahkan lanjutkan sesuai dengan urutan nomer gambar di atas:
  1. Pilih mode Station Bridge, Band 2Ghz B/G/N, Chanel with 20Mhz, dan Frequency wajib di samakan dengan Access point Utama.
  2. Pilih Scan untuk mengetahui jaringan yang tersedia.
  3. Pilih tombol Start untuk memulai Scaning Sinyal Wireless
  4. Pilih SSID yang akan di conect kan ke AP Repeater
  5. Pilih menu conect untuk menghubungkan AP Repeater dengan AP Wireless utama.

  • Setelah Router hapmini connect ke AP Wireless utama, maka selanjutnya bisa dilanjutkan dengan memberi IP Address di Interface Wifi nya.Pilih Interface Wireless yang telah kita beri nama Repeater tadi. setelah itu pilih OK.

  • Setelah pemberian IP Address maka hal selanjutnya yang di perlukan adalah setting Ip dhcp Client. Untuk langkahnya silahkan dilakukan sesuai urutan nomer seperti pada gambar.
  • DHCP Client selesai bisa dilanjutkan dengan setting Nat, untuk langkahnya bisa mengikuti contoh pada gambar.
  • Setting untuk menghubungkan Routerboard Hapmini telah selesai. Untuk mengetahui apakah router bisa conect ke internet silahkan melakukan tes ping ke google melalui console New terminal.. Jika setting dilakukan sesuai langkah-langkah di atas harusnya Router sudah bisa terkoneksi ke Internet.
  • Kembali lagi ke menu wireless, saatnya memberikan virtual Wireless pada Interface wireless. Langkahnya seperti pada gambar di atas. dan jika setting virtual wireless sukses maka akan muncul Wireless lagi dengan inisial wlan1. seperti pada gambar. 
  • Akhirnya setting repeater telah selesai. Untuk melihat device yang terkoneksi bisa di lihat di tab registration di menu wireless table. 

Comments

  1. Halo han, apakah mikrotik tipe ini bisa juga utk Set bandwidth limit yg beda2 tiap ip address?

    ReplyDelete
  2. Bisa gan untuk kemampuan sama saja dengan routerboard yang lain,yang membedakan hanya dari segi hardware.

    ReplyDelete
  3. misal saya ada mifi (huawei e5573),
    bisakah mikrotik ini konek ke mifi lewat wlan?
    lalu disebar lagi koneksinya lewat wlan mikrotik?

    ReplyDelete
  4. setinga udah bisa nyambung ke ap utama tapi gagal terus buat repeater wlan1, bukan gagal sih, tapi gak bisa kepaken hap mini ga bisa kasi ip address otomatis ke user.
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  5. bisa gak sebagai hotspot juga

    ReplyDelete
  6. Jangkauan wifi yg bisa di tangkap kira2 berapa km ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Setting Interface Wireless Mikrotik

Selamat datang di blog ini, kali ini saya akan membagikan sedikit tutorial, cara setting wireless Acces Point Mikrotik. Dalam praktek yang saya lakukan, saya menggunakan Mikrotik seri haplite yang sudah cukup mampu untuk mengcover area satu rumah. Baik langsung saja saya mulai, untuk setting Wireless mikrotik langkah awal yang saya ambil adalah pasti login ke winbox, setelah masuk ke mikrotik anda bisa pilih tab wireless yang ada di menu sebelah kiri. seperti gambar dibawah ini.  Jika masih pertama kali membuka winbox mikrotik maka setting wireless masih disable. Anda bisa pilih menu enable atau mengganti nama interfacenya sesuka anda. untuk nama default mikrotiknya masih menggunakan nama wlan1. Untuk masuk ke settingan selanjutnya, bisa double klik interface wlan1 jika masih default, maka kita akan masuk ke bagaian sub menu wireless mikrotik. bisa di isikan sesuai dengan gambar diatas atau bisa menyesuaikan. Mode                     : AP Bridge karena kita akan meng

CARA PALING MUDAH MEMBLOKIR WEBSITE DENGAN MIKROTIK

Assalamualaikum wr.wb. Adakalanya tugas kita sebagai administrator jaringan kadangkala kita tidak menginginkan client atau pengguna internet di jaringan kita mengakses suatu situs atau website tertentu. Apalagi jika pengguna tersebut adalah anak-anak yang dibawah umur, pada kali saya akan memberikan cara memblokir website paling cepat dan mudah. Untuk memblokir situs yang kita inginkan kita bisa menggunakan fitur dari firewall Layer7 Protocols. Cara memblokir website dengan firewall layer 7 mikrotik, semisal kita ingan memblokir halaman uzone, silahkan perhatikan gambar dibawah ini. Buka menu IP kemudian Firewall, tab Layer 7 Protocols akan kita ketikan alamat website yang akan diblokir. tambahkan rule baru dengan menekan button + berwarna biru. Setelah muncul halaman layer 7 nya isikan alamatnya, misal internetpositif.uzone.id beri judul uzone di text field setelah itu pilih Apply dan tekan button OK. Setelah pengaturan layer7 Protocols kita isi dengan alamat halaman web